3 Pemicu Timbulnya Masalah Keuangan

masalah-keuangan

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh semua orang yaitu masalah finansial atau keuangan. Masalah ini tidak hanya terjadi pada orang-orang kalangang bawah, tapi juga kalangan atas. Yang membuat masalah ini terjadi dikarenakan kebutuhan orang yang semakin hari semakin meningkat dengan biaya kehidupan yang semakin tinggi. Akan tetapi, ini semua dapat dicegah bila mana Anda dapat mengatur keuangan dengan baik. Sayangnya, tidak semua orang dapat menggunakan uang secara baik sehingga timbul berbagai masalah keuangan. Jika masalah keuangan ini tidak dapat dicegah, bisa-bisa membuat Anda banyak utang disana sini. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatur dan mengelola uang dengan baik agar masalah satu ini dapat diminimalisir. Untuk membuat Anda dapat mengatur keuangan dengan baik, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dapat menjadi pemicu timbulnya masalah keuangan. Masalah keuangan sendiri dapat dipicu oleh 3 hal berikut ini.

Tidak menetapkan anggaran pengeluaran

Pemicu pertama yang membuat timbulnya masalah keuangan yaitu tidak menetapkan anggaran pengeluaran. Tidak adanya anggaran yang dibuat untuk pengeluaran dapat membuat Anda membeli semua baran-barang yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, uang yang dimiliki bisa habis sebelum batas waktu yang seharusnya. Tidak hanya itu, tanpa adanya anggaran bisa membuat Anda menghabiskan uang seenaknya yang akhirnya besar pasak dari pada tiang. Orang bijak dan peduli soal keuangan, pastinya tidak akan melakukan hal ini di dalam dirinya sehingga akan membuat anggaran pengeluaran yang baik. Ini semua dikarenakan dengan adanya anggaran membuat Anda mengeluarkan uang sesuai dengan apa yang telah dibuat atau direncanakan. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, tidak ada salahnya untuk bekerjasama dengan perencana keuangan yang terpercaya.

Tidak memiliki dana darurat

Setiap orang tidak ada yang dapat memprediksikan apa yang akan terjadi kedepanya. Oleh karena itu, membuat dana darurat sangat penting dilakukan. Adanya dana darurat dapat membuat Anda lebih nyaman karena ketika musibah menimpa baik itu istri, anak, orang tua, atau lainnya, Anda memiliki dana untuk berobat sehingga tidak perlu mencari pinjaman kesana kemari dan tidak harus pusing memikirkan uang.  Sebaliknya, tidak memiliki dana darurat dapat membuat Anda harus mencari pinjaman.  Maka dari itu, buatlah dana darurat untuk keperluan Anda bila terjadi hal buruk yang menimpa.

Tidak mempunyai tujuan finansial

Penyebab terakhir  pemicu timbulnya masalah keuangan yaitu tidak mempunyai tujuan finansial. Tidak memiliki tujuan finansial disini yaitu tidak adanya investasi atau juga asuransi. Jika kedua hal ini tidak ada dan hal buruk terjadi, bisa-bisa membuat keuangan bermasalah karena uang digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya berobat atau juga pendidikan. Akan tetapi, jika mempunyai tujuan finansial dengan cara berinvestasi dan membeli asuransi, semua ini dapat dicegah karena bisa menjual investasi yang ada dan bisa menggunakan asuransi yang dimiliki. Untuk meminimalisir semua ini sebaiknya Anda memutuskan berinvestasi baik itu emas atau juga properti. Selain itu, cobalah membeli asuransi seperti asuransi pendidikan dan asuransi kesehatan karena biaya kedaunya semakin hari akan semakin tinggi.

Demikianlah 3 hal yang dapat menjadi pemicu masalah keuangan. Untuk mencegah semua ini terjadi sebaiknya cari tips mengatur keuangan pribadi agar uang Anda dapat digunakan untuk kepeluan yang penting.

 

 

 

Leave a Comment